Aplikasi RFID E-Library merupakan aplikasi yang kami kembangkan dalam mengelola perpustakaan secara lebih baik dengan penataan buku yang lebih teratur, sehingga akan memberikan kemudahan kepada pengelola dalam melaksanakan tugas tugas nya tersebut.

aplikasi-rfid-e-library

Fitur Aplikasi RFID E-Library

Aplikasi RFID E-Library memiliki fitur fitur sebagai berikut:

  1. Admin panel, yang berfungsi sebagai management perpustakaan secara keseluruhan dari mulai pendaftaran user, pendaftaran member atau anggota, input koleksi buku, transaksi peminjaman dan pengembalian, laporan laporan dan lainnya.
  2. Membership Card, yaitu suatu fitur yang dapat di gunakan dalam membuat kartu member menggunakan printer kartu seperrti datacard, Evolis, dll dan langsung terintegrasi dengan database utama, sehingga saat kartu tercetak telah dapat digunakan pada Aplikasi RFID E-Library.
  3. Self Service, yaitu fungsi anjungan mandiri untuk peminjaman buku tanpa petugas, sehingga akan mempercepat pelayanan dari antrian, user melakukan tapping member card pada reader, meletakkan buku pada tempat yang disediakan lalu proses peminjaman mencetak struk tanda bukti peminjaman.
  4. Book Drop, yaitu fungsi pengembalian mandiri tanpa petugas, sehingga peminjam dapat tetap melakukan pengembalian buku sekalipun jam operasional telah tutup., proses pengembalian ini user cukup memasukkan pada slot yang disediakan maka aplikasi akan memproses pengembalian dan mengeluarkan struk kepada peminjam.
  5. Mobile Stok Opname, yaitu proses stok okname buku menggunakan handheld reader yang terhubung dengan aplikasi, dan proses ini akan membandingkan stok buku pada database dan buku yang terbaca oleh reader.
  6. EAS Gate Alarm, Kami juga melengkapi sistem ini dengan EAS Gate sistem yang akan menyalakan alarm jika terdapat buku yang belom di proses terbawa keluar. 
aplikasi-rfid-e-library
aplikasi-rfid-e-library

Proses pendaftaran member, merupakan proses awal  pendataan member library tersebut. User melakukan pendaftaran dengan memberikan identitas bisa berupa SIM atau KTP, lalu admin meng input data pada aplikasi rfid elibrary dan proses, setelah data terproses maka akan membuka form cetak kartu member, setelah klik proses maka printer RFID yang dilengkapi encoder akan mencetak kartu member tersebut.

aplikasi-rfid-e-library

Proses peminjaman buku pada aplikasi rfid elibrary ini menggunakan kartu member yang telah tercetak tadi, dan member dapat meminjam melalui workstation admin ataupun kios K Self Service.

Tap Kartu pada reader yang tersedia, letakkan kartu pada tempat yang di sediakan maka aplikasi RFID Elibrary akan membaca total buku yang ada lalu akan memproses peminjaman.

Proses ini akan menghasilkan struk peminjaman dan nonaktifkan fungsi alarm, sehingga saat keluar melewati alarm gate, Alarm tidak berbunyi.

RFID Elibrary Paplikasi-rfid-e-libraryroses Pengembalian

Proses pengembalian buku pada aplikasi RFID Elibrary inipun terdiri dari dua cara, bisa melalui petugas admin maupun langsung masukkan ke book drop.

User langsung memasukkan buku ke book drop, reader akan membaca satu persatu buku tersebut, lalu akan memcetak struk pengembalian.

aplikasi-rfid-e-library

Proses Stok opname merupakan proses yang akan dilakukan secara rutin oleh user, untuk memeriksa kelengkapan buku yang ada pada koleksi perpustakaan tersebut. handheld reader akan membaca tag tag rfid pada buku, lalu akan mengirimkan data tersebut ke server, aplikasi akan membandingkan data buku pada database dan hasil pembacaan, setelah selesai maka report dapat segera tergenerate untuk di cetak.

" Untuk mendapatkan informasi lengkap produk produk kami silahkan hubungi kami "
Contact Us
owner printerlabelrfid.com